Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Todd McFarlane, Pencipta Karakter Spawn dan Pendiri Image Comics

Simak biografi singkat Todd McFarlane dalam pembahasan berikut ini!


dramasubindo.my.id – Mendengar nama Todd McFarlane kemungkinan besar akan membuat kalian teringat pada Spawn, atau mungkin menciptakan kalian pribadi melirik ke gugusan action figure yang nongkrong di kamar kalian.

Salah satu pendiri Image Comics ini mengawali debutnya di dunia komk dengan menjadi penciller kisah back-up komik Coyote yang berjudul “Scorpion Rose”. Ia menjalankan komik itu sebanyak 11 halaman untuk penerbit Marvel/Epic Comics. Kesempatan itu pun ia peroleh setelah pontang-panting menyerahkan artwork ke aneka macam penerbit di AS dan Kanada, hingga menerima 700 surat penolakan.

Simak biografi singkat Todd McFarlane dalam pembahasan berikut ini Biografi Todd McFarlane, Pencipta Karakter Spawn dan Pendiri Image Comics
Todd McFarlane

Mantan atlit baseball yang pernah bermain di Little League Baseball ini lalu melaksanakan beberapa edisi Hulk untuk Marvel, juga beberapa judul dari DC mirip Batman:Year Two.

Namun, nama Todd McFarlane baru betul-betul melambung tinggi sehabis ia mendapatkan iman dari Marvel untuk melaksanakan komik Amazing Spider-Man dan Spider-Man.

Gayanya yang unik dan khas membuat orang dengan mudah mengenali Spider-Man yang digambar oleh McFarlane. Bahkan Spider-Man #1 laku keras hingga meraih jumlah penjualan 2,5 juta eksemplar.


Bosan melakukan pekerjaan untuk penerbit besar dan tidak mampu menikmati hasil kerjanya mendorong McFarlane dan enam artist Marvel lainnya (Jim Lee, Rob Liefeld, Jim Valentino, Erik Larsen, Marc Silvestri dan Whilce Portacio) keluar dari Marvel dan mendirikan Image Comics.

Terbitan Image Comics yang meledak pastinya merupakan Spawn. Edisi #1 komik Spawn terjual hingga 1,7 eksemplar. Bahkan, dari Spawn kemudian terbit judul-judul spin-off menyerupai Angela, Curse of the Spawn, Hellspawn dan sebagainya.

Todd McFarlane tidak berhenti di situ saja. Melihat ketertarikan fans pada komiknya, ia memutuskan untuk memperluas bisnisnya. Salah satu caranya yakni dengan membuat mainan dan lisensi aneka macam produk yang lain.

McFarlane Toys diresmikan pada tahun 1994 dengan lini produk action figure tokoh-tokoh dari komik Spawn. Kini McFarlane Toys mempunyai lini produk yang tidak hanya terbatas pada komik, tetapi juga bintang olah raga sepert action figure atlet American Football, dan ikon-ikon musik mirip action figure KISS, Ozzy Osbourne, dan bahkan Elvis Presley.


Baca juga: 8 Cover Komik DC dan Marvel yang Berkesan Bagi Jim Lee



Spawn juga sempat menguasai Hollywod dan menembus Box Office pada tahun 1997. Film Spawn yang dirilis di bawah bendera New Line Cinema, dibintangi oleh Michael Jal White dan Martin Sheen. Tidak cuma di layar lebar, serial animasi Spawn juga tampil di layar beling dengan judul Todd McFarlane’s Spawn yang ditayangkan dari tahun 1997 hingga 1999.

Tidak puas dengan komik dan film, ia juga merambah dunia musik. Todd McFarlane sempat membuat sequence animasi untuk video klip grup Pearl Jam dan Korn.

Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa Spawn akan kembali hadir di layar lebar. Seperti dikutip dari Comicbook, bahwa film reboot Spawn akan ditulis dan disutradarai oleh Todd McFarlane. Menurut McFarlane, film yang mempunyai rating R (akil balig cukup akal) ini akan tampil berbeda dari model sebelumnya.

Apa yang berlainan?

Di Comic-Con 2017 kemarin, McFarlane menandakan bahwa meski judulnya yaitu Spawn, namun yang mau menjadi abjad terutama yaitu Twitch. Dia akan berupaya mengejar-ngejar -ngejar dan menuntaskan masalah Spawn yang aksinya dianggap ilegal.

“Ada dua karakter yang penting dalam reboot film Spawn. Yang pertama terang Spawn sendiri, tetapi ia bukan karakter utama. Karakter khususnya kali ini merupakan Twitch yang timbul semenjak edisi pertama.” Ungkap Todd McFarlane seperti dikutip dari Comicbook.

Makara, film reboot Spawn akan dibuat berdasarkan sudut pandang dari Twitch. Cukup menawan dan memberikan hal gres alasannya (sepertinya) hingga kini belum ada yang melakukannya di film superhero.


Demikian sedikit biografi McFarlane, salah satu pendiri Image Comics dan pencipta superhero Spawn. Klik Next untuk membaca biografi Gail Simone.

Next > Biografi Gail Simone