Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-Usul dan Kekuatan Ghost Rider (Johnny Blaze), Spirit of Vengeance dari Marvel Comics

Siapa itu Ghost Rider? Simak asal-permintaan dan kekuatan Ghost Rider di bawah ini!


dramasubindo.my.id – Meski Ghost Rider telah lama beraksi di dunia komik, hingga kini masih banyak hal misterius perihal sang Spirit of Vengeance itu. Karena selain diliputi banyak duduk perkara kontinuitas yang membingungkan, tokoh yang secara visual sungguh keren ini jarang digambarkan secara tepat oleh penulisnya. Meski begitu, kami akan berupaya sebaik-baiknya untuk menjelaskannya terhadap kalian semua.

Berikut merupakan pengenalan singkat Ghost Rider model Johnny Blaze dan sepak terjangnya dalam komik Marvel!


Siapa Sebenarnya Ghost Rider?


Ghost Rider yakni perwujudan arwah Noble Kale, anak seorang pendeta di suatu kota kecil yang hidup di masa ke-18. Kale dipilih karena ayahnya ternyata menyelenggarakan perjanjian dengan Mephisto. Dalam perjanjian itu, Mephisto baiklah untuk memberi kemakmuran bagi kota tersebut asal anak si pendeta mau menjadi anak buah Mephisto.

Perjanjian ini batal karena Magdalena, istri Noble Kale yang mengenali eksistensi perjanjian itu. Namun ayah Kale berhasil mensugesti warga kota, dan Magdalena pun divonis dibakar hidup-hidup.

Saat hukuman dilaksanakan, Magdalena memanggil para Fury yang merupakan arwah pembalas dendam. Tapi makhluk gaib itu ternyata ingin memusnahkan garis keturunan Kale, dimulai dari adik Noble, Dante.

Demi menyelamatkan keluarganya, Noble meminta tunjangan kepada Mephisto yang lalu menggantinya menjadi iblis. Tapi saat ia diperintah untuk mengkonsumsi anaknya sendiri, Noble menolaknya dan melakukan bunuh diri.

Mephisto yang kemudian akan mengambil jiwa Noble dihalangi oleh malaikat berjulukan Uriel. Keduanya lalu sepakat untuk menimbulkan Noble Kale selaku Spirit of Vengeance (arwah pembalas dendam) gres bernama Ghost Rider.


Baca juga: Cerita Planet Hulk Versi Komik Marvel



Mephisto yang kesal kemudian mengutuk garis keturunan Kale. Kutukan ini membuat Noble cuma dapat berada di dunia positif kalau ia merasuki badan keturunannya. Sejak dikala itu, anak pertama dalam setiap generasi keluarga Kale dikutuk menjadi Ghost Rider.


Asal-Usul Ghost Rider (Johnny Blaze)


usul dan kekuatan Ghost Rider di bawah ini Asal-Usul dan Kekuatan Ghost Rider (Johnny Blaze), Spirit of Vengeance dari Marvel Comics

Johnny Blaze yakni seorang stuntmat jago akrobat sepeda motor. Ia merupakan anak Barton Blaze dan Naomi Kale. Sejak kecil ia tumbuh dalam lingkungan karnaval karena pekerjaan orang tuanya. Kehidupan keluarga Johnny hancur sewaktu ibunya meninggalkan karnaval tersebut bareng dua adiknya. Kedua anak tersebut kemudian dititipkan pada seorang perempuan bernama Francis Ketch.


Hal ini membuat Johnny memendam ingatannya mengenai keberadaan ibu dan adiknya.

Saat ayahnya tewas dalam suatu kecelakaan, Johnny Blaze diadopsi oleh Crash dan Mona Simpson yang merupakan rekan kerja ayahnya.Untuk mengendorkan beban fikiran Johnny, kedua orang renta angkatnya memberikan bahwa ibunya merupakan Clara Blaze yang sudah meninggal dunia dan bukan Naomi yang sudah meninggalkannya.

Johnny yang kini merasa selaku anggota keluarga Simpson kemudian mulai menjalin kekerabatan dengan Roxanne, anak perempuan keluarga Simpson.

Beberapa tahun kemudian, Naomi kembali untuk melihat kondisi Johnny. Ia merasa bahagia karena putranya sudah meningkat menjadi dewasa yang riang. Namun Naomi masih cemas Johnny akan terkena kutukan Ghost Rider. Tapi iblis ini ternyata membohongi Naomi, karena Johnny memang tidak akan dirasuki Ghost Rider dari keluarga Kale melainkan akan dirasuki iblis lain.

Musibah kembali menimpa Johnny Blaze di saat ia mengerti bahwa Crash Simpson, ayah angkatnya, mengidap kanker. Demi menyelamatkan nyawa ayahnya, Johnny bikin kesepakatan dengan Mephisto. Kanker dalam tubuh Crash pun hilang, namun kemudian ia tewas simpulan kecelakaan sewaktu berusaha memecahkan rekor dunia meloncati 22 mobil. Johnny yang khawatir jiwanya akan diambil Mephisto diselamatkan Roxanne, yang dengan cintanya yang lapang dada berhasil menghalau Mephisto.

Meskipun demikian, Johnny tetap mengalami pergeseran menjadi Ghost Rider karena Mephisto sudah menggabungkan jiwa Johnny dengan Zarathos. Hal ini merupakan pembalasan dendamnya karena ia gagal menerima jiwa Johnny. Perubahan pertama Johnny menjadi Ghost Rider terjadi pada malam pertama sehabis ayah angkatnya meninggal.




Pada mulanya Johnny hanya mampu berubah di malam hari, tapi kemudian ia bisa menjadi Ghost Rider di dikala keselamatannya terancam. Alasan Ghost Rider begitu terobsesi membalaskan dendam orang-orang tertindas merupakan perwujudan rasa bersalah Johnny, yang tak sanggup melindungi orang-orang yang disayanginya.

Sejak dikala inilah Johnny Blaze menjadi Spirit of Vengeance berjulukan Ghost Rider dan membalaskan dendam orang-orang tertindas.


Kekuatan Ghost Rider


usul dan kekuatan Ghost Rider di bawah ini Asal-Usul dan Kekuatan Ghost Rider (Johnny Blaze), Spirit of Vengeance dari Marvel Comics

Ghost Rider mempunyai sebuah motor mistik yang bisa bergerak dengan kecepatan tinggi dan melakukan hal-hal andal yang lain, mirip melaju secara vertikal, melintasi air, bahkan bisa melayang. Ia juga memiliki kekuatan Hellfire yang mampu aben jiwa dan bukannya raga manusia.

Kekuatan Ghost Rider yang bernama Penance Stare bisa membuat orang yang melihat mata Ghost Rider mencicipi seluruh rasa sakit yang orang tersebut pernah sebabkan pada orang lain. Ghost Rider juga mampu melintasi batasan dunia insan dengan neraka.

Ia punya rantai yang panjangnya mampu berganti-ubah, nyaris tidak dapat dihancurkan dan dapat berkembang menjadi shuriken atau tombak.


Demikian pembahasan asal-usul dan kekuatan Ghost Rider. Klik Next untuk membaca generasi Ghost Rider dari masa ke masa.

Next > Generasi Ghost Rider